·
Pengertian Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi
kantor merupakan penggunaan alat elektronik yang digunakan untuk memudahkan
komunikasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi
informasi dengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan. O’Brien ( 1996
) mendefinisikan otomatisasi kantor sebagai sistem informasi berbasis
telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan
pesan-pesan, dokumen-dokumen dan komunikasi elektronik lainnya diantara
individual, grup-grup kerja dan organisasi
·
Tujuan
Otomatisasi
Perkantoran, OA atau Office Automation bertujuan untuk meningkatkan
produktivitas kerja melalui :
1) Meminimalkan
pengeluaran pada biaya, munculnya komputer dapat menghemat biaya dimana
komputer dapat menggantikan dan meringankan tugas pekerja dari berat menjadi
ringan.
2) Pemecahan
masalah kelompok, otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer
untuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik dalam memecahkan masalah.
3) Pelengkap
bukan pengganti, dalam hal ini tidak akan menggantikan semua komunikasi
interpersonal tradisional, seperti percakapan tatap muka, percakapan telepon,
pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. Pelengkap informasi ini digunakan
agar dapat lebih baik dalam berkomunikasi.
4) Penggabungan
dan penerapan teknologi, misalnya antara telepon, komputer, jaringan internet,
serta satelit. Dimana semua digabung untuk memperlancar informasi dari luar
perusahaan maupun didalam perusahaan, selain itu untuk mengetahui canggihnya
tekhnologi di era globalisasi .
·
Konsep-konsep
Konsep-konsep
dari otomatisasi perkantoran dapat diuraikan sebagai berikut :
1) Proses
yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke
otomatisasi.
2) Otomatisasi
kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana menuju
aplikasi yang terencana dan terpadu.
3) Otomatisasi
kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
4) Otomatisasi
kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang
lebih baik.
5) Otomatisasi
kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti
·
Manfaat
Manfaat
yang dapat diperoleh perusahaan dalam pemanfaatan sistem otomatisasi
perkantoran, diantaranya :
1) Otomatisasi
perkantoran membuat informasi menjadi lebih murah dan mudah digunakan,
dipindahkan, dan dirawat.
2) Dapat
meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehinggga perusahaan
mampu berkompetisi lebih baik.
3) Komputer
tidak menggantikan pekerja saat ini, komputer mampu menunda penambahan pegawai
yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
4) Pemecahan
masalah kelompok/tim.
5) Cara
OA berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat cocok
diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok.
6) Sebagai
pelengkap bukan pengganti.
ganti.
·
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pilihan Aplikasi Otomatisasi Kantor
Faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi pilihan aplikasi otomatisasi kantor, dapat diuraikan
sebagai berikut :
1) Jenis
Organisasi, dimana seorang manajer diperusahaan dengan satu lokasi tidak akan
mempertimbangkan konferensi audio dan video.
2) Pilihan
pribadi, manajer yang memilih komunikasi tatap muka tertarik pada konferensi
video dan memanfaatkan kalender elektronik.
3) Sumber
daya OA yang tersedia paduan manajer dibatasi oleh sumber oleh sumber daya OA
yang tersedia dalam perusahaan
·
Pengguna
Otomatisasi
Kantor digunakan oleh semua orang yang bekerja di dalam kantor. Pada dasarnya
terdapat 4 kategori pengguna Otomatisasi Kantor, yaitu :
1) Manajer :
orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama SDM.
2) Profesional
: profesional tidak mengelola orang, tetapi menyumbangkan keahlian
khususnya. Misalnya : pembeli, wiraniaga, dan asistenstaff khusus Manajer dan
professional secara bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
3) Sekretaris
: biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan
berbagai tugas seperti menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur
jadwal pertemuan.
·
Tahapan Penerapan Otomatisasi
Kantor
Tahap
penerapan pada otomatisasi kantor dapat di uraikan sebagai berikut :
1) Tradisional,
dalam hal ini penggunaan teknologi utamanya ditujukan untuk mengurangi biaya
dan meningkatkan produktifitas. Serta lebih terfokus pada penggunaan Word
Processing
2) Transisional,
dalam hal ini ditandai dengan mulai digunakannya proses data secara elektronik
serta telah dibangunnya aplikasi untuk keperluan pengarsipan, penyimpanan, dan
komunikasi yang berbasis komputer.
3) Transformasional,
dalam hal ini merupakan fase integrasi informasi dan pematangan konsep
Information Resource Management (IRM) yang merupakan konvergensi telekomunikasi
dan informasi (ICT)
·
Macam-Macam Sistem Otomatisasi
Kantor
Sistem
otomatisasi kantor memiliki beberapa macam jenis yng dapat diuraikan sebagai
berikut :
1) Sistem
Komunikasi Elektonik (electronic communication sistem ) merupakan sistem
teknologi informasi yang digunakan untuk berkomunikasi antara individu,
kelompok pekerja dan organisasi-organisasi. Yang termasuk dalam sistem ini
adalah e-mail, voicemail, facsimile dan bulletin board sistem. Bulletin board
sistem (BBS) adalah suatu lokasi lewat jaringan internet yang memungkinkan
suatu pesan disimpan di lokasi dan selanjutnya dapat diakses dan didesain oleh
orang lain.
2) Sistem
Kolaborasi Elektronik, suatu sistem yang tidak hanya pertukaran komunikasi
dan pesan, tetapi juga bagaimana informasi dan pesan tersebut digunakan untuk
bekerjasama.Contoh aplikasi adalah teleconference dan
telecommuting.Telecommuting adalah kolaborasi elektronik yang digunakan oleh
pekerja yang bekerja dari jarak jauh dengan kantornya
3) Sistem
Publikasi Dan Pengolahan Imej Elektronik, sebuah sistem dimana penggunaan
teknologi informasi untuk keperluan pembuatan dokumen tercetak. Yang termasuk
aplikasi dari sistem pubikasi dan pengolahan imej elektronik adalah desktop
publishing, elektonik document management, presentase graphics dan multimedia
presentation. Elektonik document management (EDM) merupakan sistem
penyimpanan document yang membentuk basis data imej (image database) yang
nantinya dapat diakses dan diproses kembali. Presentation graphic digunakan
untuk menampilkan grafik yang akan dipresentasikan. Sedangkan multimedia
presentation tidak hanya mempresentasikan grafik saja, tetapi memungkinkan
untuk mempresentasikan dalam beberapa bentuk media seperti teks, grafik, foto,
suara dan video.
4) Sistem
Pengolahan Kantor (office management sistems) merupakan sistem
kantor otomatis yang mendukung orang-orang di organisasi untuk
mengorganisasikan aktivitas-aktivitas kerja mereka. Yang termasuk sistem ini
adalah desktop accessories dan electronic scheduling atau kalender elektronik.
Desktop accessories menyediakan alat-alat seperti kalkulator, kalender, jam,
notepad, daftar nomer telepon dan daftar jam janjian. Electronic scheduling
membantu pemakai-pemakai sistem ini untuk mengatur skejul kerja mereka
·
Aplikasi Otomatisasi Perkantoran
a. Word
processing adalah penggunaan peralatan elektronik yang otomatis
melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau
cetak.
b. Electronic
mail (email) yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan
komputer untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan
terminal komputer dan peralatan penyimpanan. Misalnya aplikasi mail.yahoo,
gmail, tumblr
c. Voice
mail sama dengan electronic mail. Perbedaannya mengirimkan pesan dengan
mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. Dapat
menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan.
d. Electronic
Calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan
memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer yang bersifat khusus
diantara aplikasi otomatisasi kantor, dimana dapat menyusun terjadinya
komunikasi bukan hanya mengkomunikasikan informasi.
e. Audio
Conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio diantara
orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan konferensi.
Audio conferencing tidak memerlukan komputer dan hanya memerlukan penggunaan
fasilitas komunikasi audio dua arah.
f Video Conferencing melengkapi
signal audio dan signal video. Peralatan televisi digunakan untuk mengirim dan
menerima signal audio dan video.
·
Dampak Otomatisasi Perkantoran
1) Dampak terhadap Pekerja dan Pekerjaan :
a. Angkatan
Kerja Wanita.
Wanita yang bekerja semakin meningkat, ditandai banyaknya bidang pekerjaan yang juga di geluti oleh kaum wanita. Perkembangan teknologi yang canggih mengharuskan
wanita juga mampu beradaptasi dengan komputer dan mampu bersaing dengan
laki-laki.
b. Pekerja
Profesional dan Teknis.
Meningkatnya
permintaan barang dan jasa karena pertambahan penduduk akan membutuhkan pekerja
profesional dan pekerja teknis.
c. Manajer
dan Administrator.
Perubahan
organisasi, penggunaan mesin dalam bidang perkantoran mengakibatkan perubahan pada
susunan manajer. Manajer terlatih semakin dibutuhkan untuk meningkatkan
kemampuan pegawai sehingga memaksimalkan pendapatan perusahaan.
d. Pegawai
Administrasi.
Perubahan
kantor dari manual menuju otomatisasi mengakibatkan pegawai administrasi harus
menguasai berbagai Aplikasi komputer yang berhubungan dengan komputerisasi di
perkantoran.
Sands Casino New Jersey | Deposit Match Bonus, Play Online
BalasHapusPlay the best 메리트카지노총판 online slots & casino games in New Jersey. Get a $500 bonus and septcasino play all the fun online slots you love at 1xbet korean Sands Casino.
Casino de Monte-Carlo Resort & Casino - Mapyro
BalasHapusDiscover the casino 전주 출장마사지 at 12011 메이피로출장마사지 Monte-Carlo Parkway. Get directions, reviews and information for 춘천 출장샵 Casino de 김천 출장마사지 Monte-Carlo in Monte-Carlo. 충청남도 출장안마